CALL: 085777883333 / 021-62312657
SMS: 087884793321
WA : 087884793321 / 087775793339
rchobbyjakarta@gmail.com

Drone Agriculture dan Manfaatnya www.aerone.id

Thursday, May 28th 2020.

Perkembangan teknologi di zaman revolusi industri 4.0 ini sudah sangat tumbuh dengan pesat.  Berbagai inovasi dalam bidang pertanian sudah sangat banyak dan beragam jenisnya, mulai dari inovasi bibit, benih, teknik pertanian untuk efektivitas produksi pertanian, teknologi (alat dan mesin) inovasi pertanian untuk mempermudah proses sampai kemudahan permodalan oleh fintech.

Drone atau lebih dikenal sebagai UVA (Unmanned Aerial Vehicles) adalah pesawat tanpa awak yang digerakkan menggunakan sebuah remote control dari jarak jauh.  Drone  digunakan untuk menganalisis sesuatu dengan tujuan tertentu.  Drone sendiri merupakan teknologi yang cukup inovatif karena mengandalkan IoT (Internet of Things) dan AI (Artificial Intelligent) atau yang dikenal sebagai kecerdasan buatan.   Kemampuan drone untuk menganalisis dinilai cukup akurat dan sangat cepat.

Teknologi drone saat ini berkembang dengan pesat. Dulu, pemanfaatan drone hanya dilakukan secara terbatas, seperti dalam militer. Namun revolusi industri sekarang sudah jauh berbeda.  Drone sudah menjadi produk teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, tidak terkecuali oleh para petani.

Kehadiran teknologi drone dalam sektor pertanian bisa mendatangkan banyak manfaat. Teknologi ini bisa memberikan solusi revolusioner dalam meningkatkan kualitas serta kuantitas hasil panen.   Keberadaannya membuktikan bahwa keberadaan teknologi bukan untuk ditakuti, tetapi dimanfaatkan.

Manfaat Teknologi Drone.  Beberapa manfaat drone dalam teknologi pertanian antara lain: sebagai sistem pemantau pertumbuhan tanaman, penilaian kondisi tanah, sistem irigasi dan drainase, monitoring hewan ternak, optimasi populasi tanaman terhadap lahan, dan lain sebagainya.  Ada beberapa tips mengenai cara pemanfaatan drone di sektor pertanian, di antaranya adalah sebagai berikut :

1.  Analisis Kebun

Drone bisa membantu Anda dalam melakukan persiapan sebelum musim tanam. Anda bisa menggunakan perangkat ini untuk mengetahui kondisi kebun secara menyeluruh.   Drone  juga memiliki kemampuan dalam melakukan pemetaan kondisi kebun secara 3 dimensi. Selanjutnya,  data tersebut dapat digunakan untuk analisis kondisi lahan. Hasil analisis dapat  dipakai untuk menentukan pola penanaman bibit yang maksimal.

2.  Penanaman

Keberadaan drone juga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan penanaman bibit. Cara penanaman bibit menggunakan drone memungkinkan proses penanaman berlangsung dengan lebih cepat. Drone tidak hanya punya kemampuan untuk menembakkan bibit ke permukaan tanah, tetapi juga pemupukan.  Pada waktu yang sama, keberadaannya juga berguna untuk mengurangi biaya untuk ongkos penanaman mencapai 85 persen.

3.  Penyemprotan Tanaman

Anda juga bisa memanfaatkan drone untuk aktivitas penyemprotan tanaman di  kebun.  Drone terbaru memiliki beragam fitur yang memungkinkan penyemprotan bisa dilakukan secara efektif dan maksimal. Dapat juga dijumpai drone untuk pertanian yang disertai dengan kemampuan mengeluarkan suara ultrasonik ataupun laser yang berguna dalam mengenali struktur kondisi lahan.

Fitur ini memungkinkan drone dapat melakukan penyemprotan secara lancar tanpa terjadi tabrakan. Selain itu, fitur tersebut juga dapat dimanfaatkan dalam melakukan pemindaian permukaan tanah. Selanjutnya, hasil pemindaian bisa menjadi data awal untuk menentukan jumlah cairan yang perlu disemprotkan. Semua itu dapat dilakukan secara real-time dengan jangkauan yang luas.

4.  Menilai Kesehatan Tanaman

Melakukan pengamatan mengenai kondisi tanaman menjadi tugas berat bagi para petani. Apalagi ketika lahan yang dimiliki sangat luas. Namun, permasalahan ini bisa diselesaikan secara efisien dengan keberadaan drone. Apalagi, proses pengamatan bisa dilakukan dengan singkat dan menggunakan tenaga yang tidak banyak dengan drone.

Penilaian kesehatan tanaman menggunakan drone dapat dilakukan secara efektif dengan memanfaatkan fitur kamera dan kamera infra merah. Keberadaan dua jenis kamera pada drone, memungkinkan untuk bisa melihat ada tidaknya jamur atau bakteri pada tanaman. Dengan cara ini, permasalahan dapat diketahui dengan lebih cepat dan segera pula diketahui cara mengatasinya.

5.  Mengetahui Jumlah Populasi Tanaman

Populasi tanaman pada suatu area dapat diketahui apakah populasi tanaman terhadap luas lahan seimbang atau tidak, sehingga perlu dilakukan replanting (penanaman ulang) atau thinning (penjarangan) tanaman sehingga rasio antara tanaman dan luas lahan akan seimbang dan akan menghasilkan produk pertanian yang lebih optimal.

Penggunaan drone pada pertanian telah meningkatkan produksi pertanian di Jepang. Dengan menggunakan drone, kegiatan pertanian juga akan lebih efisien karena dapat menghemat waktu dan tenaga kerja.

 6.  Memantau Pertumbuhan Tanaman

Dengan menggunakan citra hasil dari kamera yang dipasang pada drone, para petani dapat lebih mudah memantau pertumbuhan tanaman mereka, pada area mana tumbuhan yang memiliki pertumbuhan normal dan area mana yang memiliki pertumbuhan tidak normal, sehingga proses perawatan pada tumbuhan yang tidak normal dapat dilakukan sesegera mungkin.

Pemantauan pertumbuhan tanaman dapat digunakan menggunakan metode  Normalized Difference Vegetation Index (NDVI) dimana citra data diambil menggunakan kamera near-infrared (NIR) atau RBG. Tumbuhan hijau hidup menyerap radiasi matahari proses fotosintesis. Klorofil pada tumbuhan akan memancarkan lebih banyak radiasi matahari ke kamera near-infrared, sehingga tanaman yang memiliki pertumbuhan normal akan tampak lebih hijau jika dibandingkan dengan tanaman yang memiliki pertumbuhan tidak normal. Proses ini sudah dilakukan di Afrika Selatan sejak tahun 2014. Selain itu, dengan menggunakan kamera near-infrared (NIR) atau RBG, petani dapat menentukan nilai nutrisi yang terkandung pada lahan yang akan ditanami.

7.  Sensor Irigasi

Drone yang disertai dengan sensor thermal, hyperspectral, atau multispectral, bisa dimanfaatkan untuk melihat kualitas tanah. Sensor tersebut mampu menunjukkan area yang terlihat kering dan membutuhkan peningkatan ketersediaa air. Selanjutnya dari data tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem pengairan lahan.  Dengan menggunakan kamera termal, petani dapat menentukan lahan yang mengalami kekurangan air serta dapat memantau hewan ternak di malam hari. Selain itu, dengan menggunakan kamera termal ini kasus pencurian hewan ternak atau produksi pertanian serta potensi kebakaran pada lahan pertanian dapat diminimalkan.

Itulah pemanfaatan drone yang bisa dilakukan untuk peningkatan cara pengelolaan lahan perkebunan dan pertanian. Dengan cara ini, tidak  dibutuhkan tenaga kerja dalam jumlah banyak untuk mengelola lahan. Selain itu, hasil yang didapatkan juga bisa lebih berkualitas dan melimpah

www.aerone.id  smart UAV Solution adalah perusahaan yang profesional yang bergerak di bidang jasa penyemprotan menggunakan  drone

(Sumber penulisan: paktanidigital.com; majalah1000guru.net)

Rp 190.000
Detail
Order Sekarang » SMS : SMS: 087884793321
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangEachine VTX03 5.8G 72CH 0/25mW/50mw/200mW Switchable FPV Transmitter
Harga Rp 190.000
Lihat Detail »
Rp 250.000
Detail
Order Sekarang » SMS : SMS: 087884793321
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPigtail Line For DJI Mavic dan Spark Remote To ALIENTECHPlus Antenna Booster
Harga Rp 250.000
Lihat Detail »
habis
Rp 550.000
habis
Order Sekarang » SMS : SMS: 087884793321
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDJI Mavic 2 Pro Bag Hardshell Backpack / Tas DJI Mavic 2 Pro Gold
Harga Rp 550.000
Lihat Detail »
Rp 400.000
Detail
Order Sekarang » SMS : SMS: 087884793321
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePQC071
Nama BarangWalkera QR X350 Pro Body Hardshell
Harga Rp 400.000
Lihat Detail »
Rp 350.000
Detail
Order Sekarang » SMS : SMS: 087884793321
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangEachine Minicube F3 6DOF Flight Controller Intergrated Betaflight OSD 20mm*20mm
Harga Rp 350.000
Lihat Detail »
Rp 35.000
Detail
Order Sekarang » SMS : SMS: 087884793321
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kodep135
Nama BarangFilter Cover Underwater for SJ4000
Harga Rp 35.000
Lihat Detail »
habis
Rp 100.000
habis
Order Sekarang » SMS : SMS: 087884793321
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePCT051
Nama Barang2212 920KV Motor Brushless untuk DJI Phantom F330 F450 F550 Quadcopter Multicopter
1 PCSRp 150.000
2 PCSRp 290.000
4PCSRp 580.000
Lihat Detail »
Rp 20.000
Detail
Order Sekarang » SMS : SMS: 087884793321
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeGP209
Nama BarangBUCKLE mount with SCREW and 360 degress TUMTABLE QUICK
Harga Rp 20.000
Lihat Detail »
Keranjang>>